MPBP


1. Pengemasan atau pembungkusan barang dagangan dalam kelompok yang sama disebut.
  • A. Falimy packaging
2. Kegiatan umum dalam merencanakan barang yg melibatkan penentuan desain dan pembuatan bungkus atau kemasan bagi suatu barang/produk disebut.
  • E. Pembungkusan(Packaging)
3. Dibawah ini merupakan bahan plastik yang aman untuk digunakan sebagai kemasan produk, kecuali.
  • E. Polyvinil chloride (PVC atau Vinil)
4. Di toko-toko biasanya terdapat bagian yg khusus melayani pembungkusan, bagian ini disebut.
  • A. Wrapping Counter
5. Berikut ini adalah bukan merupakan informasi mengenai suatu produk yg harus diketahui oleh penjual, yaitu.
  • C. Syarat pembayaran 
6. Berikut ini adalah termasuk data-data yg harus diisi pelanggan dalam formulir order pembelian, kecuali.
  • D. Cara pemakaian
7. Apabila barang yang dibeli telah habis dinikmati dan kemasannya dapat digunakan untuk tempat lain atau dimanfaatkan lagi, disebut.
  • B. Reuse packaging
8. Berikut ini merupakan syarat-syarat pembungkusan atau pengemasan, kecuali.
  • C. Biaya kemasan yg maksimal secara keseluruhan
9. Bahan kemasan yang relatif mudah dikemas dan dibentuk adalah.
  • D. Kardus
10. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan jenis alat transportasi, kecuali.
  • E. Banyaknya barang yang akan dikirim
11. Suatu upaya pemindahan barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sarana angkutan tertentu, disebut.
  • E. Pengangkutan
12. Berikut ini merupakan manfaat pembungkusan atau pengemasan barang dagang bagi perusahaan, kecuali.
  • D. Meningkatkan prestige perusahaan
13. Berikut ini merupakan keunggulan pembungkusan atau pengemasan produk dengan menggunakan tenaga mesin, kecuali.
  • B. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk perawatan dan pemeliharaan
14. Mudah dibawa, mudah dibuka atau ditutup kembali, ringan dan sebagainya, merupakan syarat-syarat pembungkusan atau pengemasan.
  • C. Praktis
15. Dalam proses pengiriman dan penyerahan produk, hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang penjual adalah.
  • A. Nama, jenis dan jumlah barang
16. Produk yang beredar dipasaran sangatlah bervariasi dalam ukuran dan model kemasannya. Sebuah produk perlu dikemas atau dipackaging dengan alasan.
  • A. Melindungi produk dan sebagai alat promosi perusahaan
17. Produk harus disertai dengan petunjuk pemakaian, kemasan yang sesuai standar, efek samping, tanggal kadaluarsa dan service center sebagai pusat informasi apabila konsumen ingin penjelaskan lebih lanjur mengenai produk yang dijual, Hal tersebut merupakan.
  • A. Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam menkonsumsi barang dan/atau jasa.
18. Produk yang dijual oleh pelaku usaha harus disertai petunjuk pemakaiannya. Apabila cara pemakaiannya harus memerlukan keahlian dan keterampilan khusus, maka pihak pelaku usaha harus mengadakan pelatihan cara pemakaian produk tersebut. Hal tersebut merupakan.
  • C. Hak atas mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen
19. Penjual tidak boleh membeda-bedakan antara konsumen yang satu dengan konsumen yang lain baik dari segi ekonomi maupun sosial. Hal ini merupakan.
  • C. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif
20. Berikut ini termasuk kegiatan identifikasi terhadap barang yang akan dikirim kecuali.
  • A. Cara pengiriman barang
21. Jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya disebut.
  • E. Harga
22. Berikut ini merupakan jenis-jenis harga yang biasa digunakan dalam kegiatan jual beli, kecuali.
  • E. Harga pokok
23. Harga yang harus diberitahukan atau dipublikasikan kepada pembeli adalah.
  • E. Harga daftar (list price)
24. Suatu gambaran kuantitatif dari pengorbanan-pengorbanan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu barang tertentu yang harus diketahui dan dikalkulasikan oleh pihak perusahaan yang bersangkutan disebut.
  • E. Harga pokok
25. Berikut ini yang termasuk dalam penggolongan biaya berdasarkan fungsi pokok dalam perusahaan adalah.
  • E. Biaya produksi, biaya administrasi dan biaya pemasaran
26. Penyerahan barang dilakukan digudang penjual dan semua biaya yang berhubungan dengan barang tersebut, mulai dari gudang penjual sampai kegudang pembeli menjadi tanggung jawab pembeli. Hal ini termasuk syarat penyerahan barang.
  • B. Loko Gudang
27. Penyerahan barang dilakukan dimuka gudang penjual dan biaya menimbang, membungkus dan mengeluarkan barang dari gudang penjual menjadi tanggung jawab penjual. Sedangkan biaya pengangkutan dari gudang penjual sampai ke gudang pembeli ditanggung jawab pembeli. Hal ini termasuk syarat penyerahan barang.
  • B. Ex gudang
28. Surat yang dikirim oleh penjual kepada pembeli untuk memberitahukan bahwa pesanan sudah diterima dan barang sudah dikirim kealamat pembeli, adalah.
  • B. Surat pengiriman barang
29. Surat yang dibuat oleh pembeli kepada penjual dengan maksud memberitahukan bahwa barang-barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan adalah.
  • D. Surat pengaduan
30. Pernyataan tertulis dari penjual kepada pembeli menganai  barang yang dijual, jumlah dan harga yang dapat dijadikan pegangan oleh pembeli untuk meneliti barang-barang yang dibelinya adalah.
  • D. Faktur (Invoice)
Essay.

1. Sebutkan 6 elemen dalam penghitungan harga jual produk?
  1. Harga satuan
  2. Kuantitas barang
  3. Total harga
  4. Diskon/potongan harga
  5. Pajak pertambahan nilai (PPN)
2. Sebutkan 6 dokumen yang diperlukan sebagai administrasi penyerahan barang dagang?
  1. Surat pesanan/surat order pembelian
  2. Surat order penjualan
  3. Surat pengiriman barang (Delivery order)
  4. Surat pengaduan
  5. Surat Pengiriman pembayaran
  6. Faktur penjualan
3. Sebutkan 5 hal mengenal/identifikasi produk yang harus diketahui oleh penjual
  1. Nama barang'
  2. Jenis barang
  3. Bahan yang digunakan
  4. Sifat barang
  5. Cara penggunaan dan sebagainya
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Brand image?
  • Kesan yang diinginkan mengenai suatu produk
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Harga?
  • Jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar